Tips Menggunakan Minyak Cendana Agar Berfungsi Efektif

Penggunaan minyak cendana sudah digunakan bertahun-tahun dan di banyak negara. Selama berabad-abad, minyak cendana India Timur telah digunakan sebagai bahan populer dalam pengobatan Ayurveda, obat tradisional India dan ditemukan dalam pengobatan tradisional Tiongkok juga. Ada banyak cara untuk menggunakan minyak cendana dalam aromaterapi di rumah seperti berikut.

1. Membuat uap dengan minyak cendana

Salah satu manfaat utama minyak cendana adalah kemampuannya untuk membuat kulit tampak sehat dan halus. Mengoleskan minyak Cendana ke kulit tidak hanya akan membuat kulit menjadi halus, tetapi juga dapat membantu mengurangi munculnya flek pada kulit. Anda bisa menjadikan minyak cendana sebagai bagian rutin dari rutinitas perawatan kulit, dengan cara mengoleskan langsung ke tubuh.

Untuk menggunakan minyak cendana ke kulit, cobalah membuat pengalaman spa sendiri di rumah dengan melakukan hal berikut. Isi mangkuk besar dengan air yang mengepul, oleskan satu hingga dua tetes minyak ke wajah, dan tutupi kepala dengan handuk. Selanjutnya, letakkan wajah di atas air yang mengepul. Perawatan spa di rumah ini akan membuat kulit terasa ternutrisi dan diremajakan.

2. Mengoleskan ke tangan

Minyak cendana juga bermanfaat untuk meningkatkan mood. Aroma cendana yang membumi dan menyeimbangkan akan membantu menenangkan dan menyeimbangkan emosi. Untuk memanfaatkan manfaat tersebut, oleskan satu hingga dua tetes minyak cendana ke telapak tangan Anda. Kemudian, lipat tangan di sekitar hidung dan tarik napas hingga 30 detik. Kebiasaan ini akan membantu mengurangi ketegangan dan menyeimbangkan emosi.

3. Oleskan ke rambut saat basah 

Selain manfaat serius untuk kulit dan kulit, minyak cendana juga memiliki manfaat untuk rambut. Jika Anda ingin menggunakan minyak cendana pada rambut, cukup oleskan satu atau dua tetes minyak ke rambut basah. Minyak cendana akan memberikan kilau ekstra pada rambut dengan mengembalikan kelembapan pada setiap helai rambut. Cara mudah untuk menggunakan minyak cendana ke dalam rejimen perawatan rambut adalah dengan menambahkan beberapa tetes ke sampo atau kondisioner harian Anda.

4. Gunakan sebagai minyak aromaterapi

Salah satu kegunaan minyak cendana yang paling umum adalah untuk meditasi, karena sifatnya yang membumi dan meningkatkan suasana hati. Aroma kayu cendana yang manis dikenal dapat meningkatkan suasana hati—itulah sebabnya minyak ini telah digunakan dalam meditasi selama berabad-abad. Pertimbangkan untuk menggunakan minyak Cendana di kamar menggunakan diffuser setelah hari yang panjang dan menegangkan, atau sebelum meditasi untuk meningkatkan suasana.

5. Campuran untuk cukur

Minyak cendana tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga dapat berkontribusi pada pencukuran yang halus dan nyaman. Anda dapat menggunakan krim kukur dengan campuran beberapa tetes minyak Peppermint, Cendana, dan minyak Tea Tree. Menggabungkan minyak ini dapat menenangkan. Sedangkan mencampurkan krim cukur dengan shea butter dan minyak kelapa akan membuat kulit halus dan lembab setelah setiap bercukur. Sempurna untuk pria dan wanita, ramuan yang menenangkan ini mudah dibuat, dan akan membuat Anda bercukur setiap saat.

6. Berendam dengan air panas

Meskipun minyak cendana bermanfaat untuk sesi meditasi, minyak ini juga dapat memberikan suasana yang menenangkan dan santai bahkan saat Anda tidak sedang bermeditasi. Jika Anda suka bersantai dengan mandi air panas, minyak cendana dapat menciptakan suasana yang menenangkan saat mandi. Setelah hari yang panjang di tempat kerja atau sore hari merawat anak-anak, atau kapanpun Anda membutuhkan sedikit keseimbangan, tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial cendana ke dalam bak mandi air panas untuk mengurangi perasaan stres dan meningkatkan relaksasi.

7. Tuangkan di bawah bantal

Karena memberikan efek grounding, minyak cendana juga dapat membantu pada waktu tidur. Sebarkan minyak di samping tempat tidur Anda saat Anda akan tidur untuk membantu menciptakan lingkungan yang santai untuk tidur malam yang nyenyak. Anda juga dapat mengoleskan beberapa tetes minyak cendana ke bagian belakang leher Anda sebelum tidur untuk menciptakan suasana yang akan membuat tidur nyenyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *