Vitamin Pada Wortel Baik Untuk Kesehatan Mata

Wortel adalah sayuran akar populer yang renyah dan mengandung banyak nutrisi. Vitamin pada wortel diklaim baik untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kemampuan melihat di malam hari. Ini disebabkan karena wortel kaya kandungan beta karoten dan lutein, yang mana merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam kadar yang sangat tinggi, radikal bebas adalah senyawa yang dapat mengakibatkan kerusakan sel, penuaan, dan penyakit kronis, seperti penyakit mata.

Vitamin pada wortel yang bernama beta carotene ini memberi warna merah, jingga, dan kuning pada tanaman. Wortel yang berwarna jingga berarti mengandung beta carotene yang sangat tinggi, yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Defisiensi vitamin A dapat menyebabkan kebutaan pada malam hari, yang biasanya dapat diobati dengan konsumsi suplemen vitamin tersebut. Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk rhodopsin, pigmen sensitif cahaya berwarna ungu kemerahan yang ada pada sel mata Anda yang membantu melihat di malam hari. Tubuh Anda menyerap dan menggunakan beta carotene dengan lebih efektif apabila Anda memakan wortel yang dimasak (alih-alih wortel segar). Selain itu, vitamin A larut dalam lemak. Sehingga, konsumsi wortel bersama sumber lemak dapat meningkatkan penyerapan. Sementara itu, wortel yang berwarna kuning mengandung banyak lutein, yang dapat membantu mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh usia (AMD), sebuah kondisi dimana penglihatan Anda berangsur-angsur kabur atau hilang. Diet yang kaya lutein khususnya dapat melindungi penglihatan Anda dari AMD.

Manfaat kesehatan vitamin pada wortel lainnya

Vitamin pada wortel sangat penting bagi kesehatan mata. Akan tetapi, ada banyak alasan lain mengapa Anda perlu memasukkan wortel ke dalam diet harian. Kebanyakan penelitian berfokus pada kandungan karotenoid, termasuk lutein, lycopene, dan beta carotene. Manfaat lain wortel di antaranya adalah:

  • Mendukung kesehatan pencernaan. Selain vitamin pada wortel, sayuran akar ini tinggi kandungan serat yang dapat membantu mencegah konstipasi. Satu buah wortel mengandung sekitar 2 gram serat atau 8 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Konsumsi wortel dapat menyehatkan bakteri baik yang ada di dalam usus Anda.
  • Dapat mengurangi risiko kanker. Makanan kaya serat seperti wortel dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus dengan meningkatkan rutinitas pencernaan. Selain itu, antioksidan dan vitamin pada wortel telah menunjukkan memiliki efek antikanker.
  • Menstabilkan gula darah. Wortel rendah indeks glisemik (GI), yang berarti konsumsi sayuran akar ini tidak akan meningkatkan gula darah. Kandungan serat di dalamnya juga dapat menstabilkan level gula darah.
  • Baik untuk jantung Anda. Wortel merah dan jingga tinggi kandungan lycopene, antioksidan pelindung jantung. Wortel juga dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan level kolesterol yang tinggi.
  • Melindungi kulit. Meskipun tidak seefektif tabir surya, beta karoten dan antioksidan lycopene dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Membantu menurunkan berat badan. Wortel rendah kalori dan tinggi kandungan serat. Konsumsi wortel dapat meningkatkan rasa kenyang, yang dapat mencegah makan berlebih dan membantu menurunkan berat badan.

Vitamin pada wortel terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Antioksidan seperti lutein dan beta carotene dapat melindungi mata dari degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia. Selain itu, vitamin pada wortel juga memiliki manfaat bagi pencernaan, jantung, kulit, dan kesehatan tubuh pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *